Akhirnya..selesai juga ujian dinas

Alhamdulillaah..akhirnya ujian dinas-ku selesai sudah. Selama dua minggu mulai dari 02 Maret 2009 hingga 13 Maret 2009 aku dikepung oleh sepuluh modul yang harus aku dan peserta diklat UD kuasai or paling tidak dimengerti.
Mulai dari Pancasila, UUD 1945 yang sudah diamandemen hingga empat kali, Bahasa Indonesia, Perkantoran, RPJM, TPF Departemen Keuangan, Kode Etik, Kepegawaian, Sejarah Indonesia, dan Pengelolaan Keuangan Negara harus kami mengerti. Lelah…sudah pasti, tapi banyak sekali hal-hal baru yang aku dapatkan dalam diklat UD ini. RPJM merupakan pelajaran yang betul-betul baru buatku dan teman2 lainnya. RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) yang merupakan penggganti dari sistem repelita merupakan pelajaran yang kami rasa paling berat untuk dimengerti. Mungkin karena baru dan bisa juga karena sebelumnya kami belum membaca modulnya hingga saat tutorial yang hanya 5 jam pelajaran betul-betul terasa terlalu singkat untuk menyelesaikan lima kegiatan belajar yang ada dalam modul. Selain itu, kalau tidak melalui diklat ini, mungkin aku tak pernah tahu kalau UUD’45 telah diamandemen sebanyak empat kali dan telah menghasilkan perubahan2 yang sangat signifikan dalam ketatanegaraan Indonesia. Mulai dari MPR yang tak lagi sebagai pemegang kedaulatan rakyat hingga penguatan fungsi lembaga legislatif (DPR, DPD dan Presiden) dalam menentukan APBN. Belum lagi tugas dan wewenang Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, DPD, hingga Komisi Yudisial yang merupakan lembaga-lembaga baru yang baru kuketahui sekarang.
Yang paling mengejutkan adalah hampir setengah dari ‘penduduk’ kelas E (kelas tempatku) jatuh sakit selama menjalani diklat ini. Aku pun tak lepas dari sakit, mungkin karena kelelahan karena harus berangkat naik omprengan yang pasti berebutan dan pulang naik bis umum yang benar-benar sulit untuk bisa mendapatkan tempat duduk padahal kampus di Purnawarman teramat dekat dengan terminal Blok M!
Dan, akhirnya untuk mengurangi kelelahan, terutama aku dan bu Sri Rahayu (KPPN Otista) yang sudah mulai meriang, sejak hari Kamis mengubah strategi dengan pergi ke terminal Blok M dulu agar bisa dapat tempat duduk setiap kali pulang dari diklat.
Yang paling parah sakitnya adalah Ketua Kelas kami Pak Abdul yang sampai menggigil di kelas, namun tekad dan semangat beliau benar2 jempolan walaupun sakit beliau tetap mengikuti kelas tutorial hingga akhir dan berhasil mengikuti ujian sampai finish. Satu lagi teman sekelas yang sakit dan termasuk memiliki daya juang tinggi adalah Yuli Setyowati (KPP Gatot Subroto-maaf kalau salah menyebut nama kantornya…) meski wajahnya hingga memerah karena demam, dia tetap semangat mengikuti tutorial dan ujian hingga selesai. Meski di rumah anak tersayang sedang demam juga dia tetap berkeras menyelesaikan diklat. Hingga sering dia mengeluh tak bisa belajar karena harus menjaga sang buah hati dan takut tak bisa lulus. Tapi aku selalu bilang …yang penting lulus Yul….(maksudnya meski nilai gak bagus yang penting bisa memenuhi syarat nilai kelulusan).
Satu lagi teman baru yang begitu semangat dan antusias adalah Indah (KPPN Percontohan Serang). Meski harus memboyong bayi dan indekos di sekitaran Purnawarman, namun bisa dikatakan dia adalah modul berjalan. Hampir semua materi dia hapal, hingga setiap hari saat jam ujian telah selesai aku dan Indah serta Tami (KPPN Serang) serta teman sekantorku Yuli Ana (Bu Sekretaris yang hingga tulisan ini kubuat masih belum benar-benar sembuh dari sakitnya) selalu mencocokkan jawaban-jawaban kami (kebetulan untuk diklat kali ini soal ujian diperbolehkan untuk dibawa pulang). Betul-betul bersemangat!!
Well..girls…moga-moga perjuangan dan jerih payah kita mendapatkan imbalan yang setimpal yaitu kelulusan kita. Moga-moga tak ada teman-teman kelas E yang harus mengulang.
I will miss you friends, moga-moga kita ketemu di lain waktu dengan pangkat/golongan ruang yang baru. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s