I’M A BUSWAY LOVERS

Meski banyak kritikan yang disampaikan banyak pihak di tahun ke-lima beroperasinya busway, dan memang semua itu benar, tapi setidaknya itulah satu-satunya alat transporatsi umum yang bisa dijangkau rakyat miskin dengan fasilitas yang lumayan (AC, tempat duduk nyaman, waktu tempuh yang lumayan cepat) meski tidak pula bisa dikesampingkan adanya pelayanan yang terkadang jauh dari manusiawi, mulai dari antrian yang sangaaaaaaaat panjang, sruduk-srudukan ketika hendak naik ke busway, lamanya waktu tunggu , sampai kekesalan karena banyaknya mobil-mobil pribadi yang menyerobot jalur khusus busway sehingga menambah panjang waktu tunggu hingga terputusnya rute karena banjiršŸ˜¦ hiks…hiks….

Tapi gak tau kenapa,Ā  aku teteeeeep aja selalu milih busway untuk jalan kemanapun meski sebenarnya aku juga mampu untuk naik taksi yang lebih nyaman.

Kenapa?….

  1. Ada rasa menyatu dengan banyak orang ketika aku harus berdiri mengantri or bergelayutan di dalam bus.
  2. Ada rasa empati yang tumbuh di hati (ceilaaahhh…..)Ā  merasakan betapa kesulitan yang harus dihadapi seorang manusia untuk meraih mimpinya diĀ  Jakarta , berdesak2anĀ  setiap pagi dan petang sepulang kerja padahal kepenatan sudah menghunjam tubuh.
  3. Ada rasa syukur yang teramat dalam karena meski aku a busway lovers tapi tak setiap hari aku harus mengantri seperti yang lain, karena masih ada alat transportasi yang lain yang bisa/mampu kunaiki.
  4. Bisa mengamati segala tingkah polah manusia,Ā  keluh kesahnya karena capek menunggu, gerutuannya karena ada mobil pribadi yang nyelonong ke jalur khusus busway, umpatan karena jalur antriannya diserobot yang lain, kesabaran dalam menunggu (masih ada lho orang yang mau diduluin yang lainĀ  !!..meski jarang),Ā  kebaikan dan kemauan untuk menyerahkan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan,Ā  kecuekan sebagian besar penumpang busway ketika ada ibu2 dengan anak2 kecil, orang tua yang tidak kebagian tempat duduk, dsb..dsb…..

Pokoknya lengkap semua kepribadian ada di Busway, bisa digunakan sebagai tempat untuk menganalisa perilaku manusia dalam segala kondisi.

Bagaimanapun, memang pihak pengelola transjakarta harus meningkatkan kualitas pelayanannya hingga kenyamanan penumpang bisa lebih ditingkatkan sehingga tujuan awal diadakannya busway memindahkan pengguna mobil pribadi ke busway untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta bisa tercapai.

Dan seharusnya para pejabatpun sekali-kali naik busway. Gak usah takut akan dikenali banyak orang dan ke-geeran akan kerepotan melayani permintaan tandatangan karena saya yakin tidak semua penduduk Jakarta mengenali wajah2 pejabat.Ā  Asal kehadirannya tidak disertai para bodyguard yang terlalu mempertontonkan keangkerannya dan tidak disertai para ajudan/bawahan yang merunduk-runduk dan sibuk menyingkirkan orang-orang yang telah lebih dulu mengantri serta penampilan yang tidak mempetontonkan kalau beliau salah satu pejabat di pemda DKI. Aku yakin akan banyak aspirasi masyarakat yang bisa diraup.

Selamat ulang tahun busway, moga kehadiranmu membawa banyak manfaat untuk rakyat Jakarta dan semakin banyak masyarakat yang mau menikmati manfaatmu.

One thought on “I’M A BUSWAY LOVERS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s