Komik Dr.Sakura

Anak pertamaku senang sekali membaca. Segala macam buku akan dibacanya. Dari buku pengetahuan umum, seri Alam sekitar, Biologi, majalah, sejarah sampai komik semua dibaca. Namun dari semua jenis buku itu yang paling digemarinya adalah seri pengetahuan tentang alam dan makhluk hidup serta KOMIK! dan karena kesukaannya akan komik itulah aku dan suami selektif dalam memilih jenis komik yang boleh dibacanya. Karena tidak semua komik untuk konsumsi anak2 kan????

Judul komik yang biasanya diambilnya ketika kami ke toko buku adalah Kungfu Boy, Petualangan Doraemon, Master Cooking dan Dragon Ball. Sebenarnya ada beberapa gambar dalam komik2 tersebut yang terkadang keterlaluan dalam mengekspose tubuh perempuan terutama dalam komik Dragon Ball namun karena jalan ceritanya masih cukup baik untuk anak2 aku masih memperbolehkannya apalagi dia selalu menunjukkan padaku setiap kali ada gambar yang katanya ‘aneh’ sehingga kami masih bisa mendiskusikannya.

Beberapa hari yang lalu ketika kami kembali ke toko buku untuk membeli komik, aku menemukan sebuah komik yang kuanggap sangat bagus bukan hanya untuk anak2 tapi juga untuk orang dewasa. Dr.  Sakura judulnya. Setelah membacanya aku merasa sungguh surpraise, bahkan anakku pun menyukainya dan berharap ada kelanjutan komik ini.

Komik Dr. Sakura menceritakan tentang perjuangan seorang dokter hewan  dalam merawat binatang2 yang dibawa ke kliniknya, entah itu binatang yang dibawa oleh sang pemilik atau binatang liar dan binatang terlantar (tak diinginkan lagi oleh pemiliknya).  Dokter Sakura memiliki seorang anak bernama Momo.  Pada komik jilid 1 diceritakan kalau Momo ini masih berusia 5 tahun (usia TK).

Banyak kisah mengharukan yang bisa mengajarkan kepada kita tentang arti menyayangi.  Tidak hanya pada binatang tetapi juga pada sesama. Karena, sesuai dengan prinsip yang dipegang Dr. Sakura, bahwa sebagai seorang dokter hewan dia tidak hanya merawat sang binatang tetapi juga merawat sang pemilik dalam artian merawat emosi sang pemilik.

Dalam komik ini juga banyak pengetahuan tentang penyakit2 yang biasanya menjangkiti binatang, tindakan pengobatan apa yang bisa dilakukan entah itu pengobatan ringan dalam arti cukup dengan obat minum sampai pada pengobatan berat (tindakan operasi). Kita juga akan diajak untuk menyelami apa yang dirasakan sang binatang, perilakunya sampai emosinya.

Sayang, kami baru mendapatkan 2 jilid komik ini, itupun dalam halaman terakhir jilid 2 diceritakan tentang keengganan penulisnya untuk meneruskan cerita Dr. Sakura. Bukan karena komik ini tidak laku dipasaran, bahkan kalau disimak dari ceritanya sepertinya komik ini laku keras karena sang penerbit yang sudah 2 kali berganti kepemimpinan menginginkan sang penulis untuk meneruskan komiknya, tapi keengganan itu muncul karena sang penulis merasa tidak cukup menguasai ilmu kedokteran hewan!

Aku tidak tahu apakah komik yang diterbitkan oleh Elex Media ini benar2 tidak berlanjut atau sebaliknya. Apapun…komik ini benar2 bagus, dan recommended untuk para orangtua yang anak2nya menyukai komik.

2 thoughts on “Komik Dr.Sakura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s