5 th untuk restrukturisasi Gaza

Setelah kesepakatan gencatan senjata, para ahli telah memperhitungkan segala kerusakan di jalur Gaza. Mereka bilang untuk mengembalikan Gaza seperti semula diperlukan 5 tahun, tentu dengan catatan bahwa israel tidak melakukan serangan lagi.  Sementara sekarang tak ada jaminan bahwa elit politik israel tak akan mengobarkan peperangan lagi.

5 tahun adalah perhitungan manusia, namun jika Allah menghendaki lain maka segalanya bisa menjadi lebih singkat atau bahkan mungkin bisa lebih panjang dari perkiraan itu. Kita, sebagai orang yang membenci segala perbuatan israel tentu berharap dan berdo’a bahwa Allah akan memberikan waktu yang lebih singkat dalam restrukturisasi Gaza hingga rakyat Gaza khususnya dan Palestina pada umumnya bisa segera menata kehidupan mereka.

Namun jika israel kembali melakukan kejahatan terhadap Gaza, semoga Allah memperkuat Hamas dan rakyat Gaza serta melemahkan israel selemah-lemahnya.

Dalam upaya restrukturisasi Gaza, banyak pihak menyatakan siap mambantu.  Saudi siap memberikan USD 1 miliar, Inggris akan membantu USD 175 juta, dan pasti masih banyak lagi negara yang bersedia menyediakan dana bantuan. Namun yang perlu dipertanyakan adalah apakah bantuan itu murni sebagai bantuan ataukah malah akan menjerat rakyat Gaza dalam hutang berkepanjangan seperti yang dialami oleh banyak negara?  Kalau dari negara2 Arab, bisa dipastikan benar2 untuk membantu rakyat Gaza tapi kalau dana dari negara2 Eropa apalagi dari lembaga2 keuangan internasional seperti World Bank?  hah…..semoga pemegang kekuasaan di Palestina benar2 cermat dalam memperhitungkannya.

Semoga Gaza (Palestina) benar2 bisa bebas dari penjajahan zionis israel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s