Kenapa Suka Berpikiran Sempit?

Berawal dari fatwa para ulama untuk melakukan boikot atas produk AS yang berafiliasi ke tel aviv, israel ada beberapa rekan yang pesimis dan bertanya apa benar kita mampu untuk menghindari produk2 AS-yahudi sementara kita sudah dijangkiti ketergantungan pada produk2 itu?

Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa ketergantungan kita amat sangat besar terhadap AS, dan hal itu tidak hanya menyangkut makanan dan minuman atau fashion tetapi juga dalam hal perangkat lunak macam microsoft, yang 90% pemilik komputer bisa dipastikan menggunakannya.

Tapi bukankah dengan gerakan boikot mulai dari yang kecil2 dulu bisa ditingkatkan pada yang besar? misalkan hari ini kita menghindari minum soft drink dengan lisensi AS, dan dikarenakan banyaknya konsumen yang ingin tetap meminumnya maka akan muncul pemikiran untuk membuat produk serupa seperti yang dilakukan dengan Meca Cola, lalu hari berikutnya kita menghindari fast food AS macam Mc D or KFC or Pizza HUT or yang lainnya dan dikarenakan banyaknya penggemar fried chicken maka muncul pemikiran membuat produk serupa dan kita tahu bahwa sudah banyak bermunculan resto2 yang menyediakan menu yang sama dengan rasa yang tak kalah nikmatnya. Dan kita harus juga yakin, bahwa suatu saat nanti pasti akan ada perangkat lunak yang akan mampu menggantikan microsoft (sekarangpun sudah ada seperti LINUX meski kita tahu bahwa LINUX pun mungkin tidak lepas dari orang AS namun setidaknya ini adalah open source dimana semua orang bisa meningkatkan or menggunakannya, bukankah kita tidak memboikot semua produk AS?).

Tak ada yang tak tergantikan di dunia ini dan tak ada yang tak mungkin. Tinggal bagaimana kita memacu diri.

Jadi, sebelum memulai janganlah racuni pikiran kita dengan ketakutan akan ketidak berhasilan or hal2 negative lainnya.

Niat yang lurus, Semangat, Positif thinking, itu yang perlu.

So…tak perlu berpikiran sempit lagi kan???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s