AKU TAHU

Aku tahu rizki-ku tak mungkin diambil orang lain

Karenanya hatiku tenang

Aku tahu amal-amalku tak mungkin dilakukan orang lain

Maka aku sibukkan diriku untuk beramal

Aku tahu Allah selalu melihatku

Karenanya aku malu bila Allah mendapatiku melakukan maksiat

Aku tahu kematian menantiku,

Maka kupersiapkan bekal untuk berjumpa dengan Rabb-ku

(Hasan Al-Bashri)

Advertisements

Nasib Anak2 Gaza Palestina

Mengikuti perkembangan Gaza setelah berhentinya perang bagai mengikuti kisah pilu yang tak kunjung usai. Begitu banyak anak2 yang mendadak harus menjadi yatim piatu tanpa tahu harus berlindung kepada siapa.

Ketika menyaksikan tayangan langsung dari Al-Jazeerah melalui TV-One, terlihat betapa anak2 itu sungguh menderita. Terluka baik fisik maupun mental. Betapa memilukan  melihat anak2 balita dengan mata polosnya menatap sekeliling tanpa tahu apa yang terjadi, tanpa tahu apakah masih bisa memanggil mama atau abi. Tanpa tahu kemana mereka akan pergi.

Sementara para pemimpin Arab sibuk dengan segala macam pertemuan yang tak pernah memberikan hasil yang memuaskan,  selalu ribut bagaimana menyalurkan dana,  selalu bingung bersikap terhadap israel, selalu tunduk pada kemauan Amerika hingga akhirnya  selalu lalai pada anak2 yatim piatu yang menunggu uluran kasih mereka.

Mungkin mereka menunggu kepedihan anak2 itu berubah menjadi kemurkaan-Nya hingga segala kemewahan dan kenikmatan dunia musti dicabut dulu dari genggaman para pemimpin Arab itu.

Sungguh pedih melihat mata tanpa dosa itu, sungguh perih karena aku disini tak bisa berbuat apapun untuk anak2 itu.

Andai aku bisa dan mampu, kan kuambil beberapa diantara mereka dan kuasuh disini.

Andai aku bisa dan mampu, kan kupeluk mereka, menguatkan mereka dan menyatakan bahwa masih banyak diantara ibu2 di dunia yang mau memberikan perlindungan dan kasih sayang untuk mereka.

Andai aku bisa dan mampu……..

Tren bercerai tapi masih tinggal serumah

Memang semakin aneh saja dunia ini. Begitu banyak hal2 tak lazim dan tak layak yang terus saja dilakukan manusia. Akhir-akhir ini berhembus tren terbaru yang siapa lagi yang memulainya kalau tidak kalangan artis.

Tren itu adalah cerai tapi tetap tinggal serumah dengan berbagai alasan. Ada yang karena tidak mau anak2nya trauma, ada yang karena mantan pasangannya belum menemukan tempat tinggal yang baru.  Ada yang lebih aneh lagi, ngotot cerai waktu hamil tapi begitu jatuh putusan cerai masih menuntut mantan suami untuk nungguin waktu melahirkan. Lah…sama juga boong dong.

Kenapa saya bilang boong? karena ketika sepasang suami istri sudah memutuskan bercerai maka pasti akan jatuh hukum bahwa masing2 pihak tidak boleh melihat aurat mantannya itu.  Kalau masih tinggal serumah, kemungkinan untuk terlihat aurat secara nyata masih terbuka lebar, meski masing2 berdalih tidur di kamar sendiri2.  Apalagi bagi yang minta ditungguin untuk melahirkan? padahal kondisi perempuan yang melahirkan itu begitu lemah, terkadang sampai tidak peduli apakah ketika dalam proses melahirkan itu dia memakai penutup badan atau tidak.

Tapi yah..itulah tren yang saat ini tengah digembar-gemborkan kalangan yang mepersilahkan segala hal tanpa mengindahkan kaidah agama. Sebagai generasi muslimin hendaklah kita mampu menyaring segala tren dan membekali diri dengan ilmu agama agar tidak ikut2an terperosok mengikuti tren itu.

Obama ??? I don’t have any idea !!

Bukannya meremehkan kemampuan si Obama yang begitu dielu-elukan oleh SDN Menteng tempat dia dulu numpang sekolah yang cuma sebentar itu cuma kalo dipikir2,  apa gunanya sih ikut2an gegap gempita menyambut pelantikannya sebagai presiden ke 44 negara yang punya dua muka dalam hal HAM dan Demokrasi ?

Percaya deh, gak akan ada bedanya. Amerika yang dulu dipegang Bush akan tetap sama di tangan Obama karena dua2nya bisa menjadi presiden AS karena dukungan lobi2 zionist yahudi di parlemen AS.

Masa gak ingat sih ucapan dia waktu masih kampanye dulu, kalo  dia nih tetap akan mendukung israel 100%.  Itu berarti kalo negara2 lain bikin onar maka AS akan langsung bertindak menghakimi negara tersebut tapi kalo pelaku keonaran adalah israel, ya AS akan mbela mati2an gak peduli yang salah israel atau bukan. Jadi gak ada bedanya kan???

So…enakan tidur daripada ngelihat pelantikannya…..

I’M A BUSWAY LOVERS

Meski banyak kritikan yang disampaikan banyak pihak di tahun ke-lima beroperasinya busway, dan memang semua itu benar, tapi setidaknya itulah satu-satunya alat transporatsi umum yang bisa dijangkau rakyat miskin dengan fasilitas yang lumayan (AC, tempat duduk nyaman, waktu tempuh yang lumayan cepat) meski tidak pula bisa dikesampingkan adanya pelayanan yang terkadang jauh dari manusiawi, mulai dari antrian yang sangaaaaaaaat panjang, sruduk-srudukan ketika hendak naik ke busway, lamanya waktu tunggu , sampai kekesalan karena banyaknya mobil-mobil pribadi yang menyerobot jalur khusus busway sehingga menambah panjang waktu tunggu hingga terputusnya rute karena banjir 😦 hiks…hiks….

Tapi gak tau kenapa,  aku teteeeeep aja selalu milih busway untuk jalan kemanapun meski sebenarnya aku juga mampu untuk naik taksi yang lebih nyaman.

Kenapa?….

  1. Ada rasa menyatu dengan banyak orang ketika aku harus berdiri mengantri or bergelayutan di dalam bus.
  2. Ada rasa empati yang tumbuh di hati (ceilaaahhh…..)  merasakan betapa kesulitan yang harus dihadapi seorang manusia untuk meraih mimpinya di  Jakarta , berdesak2an  setiap pagi dan petang sepulang kerja padahal kepenatan sudah menghunjam tubuh.
  3. Ada rasa syukur yang teramat dalam karena meski aku a busway lovers tapi tak setiap hari aku harus mengantri seperti yang lain, karena masih ada alat transportasi yang lain yang bisa/mampu kunaiki.
  4. Bisa mengamati segala tingkah polah manusia,  keluh kesahnya karena capek menunggu, gerutuannya karena ada mobil pribadi yang nyelonong ke jalur khusus busway, umpatan karena jalur antriannya diserobot yang lain, kesabaran dalam menunggu (masih ada lho orang yang mau diduluin yang lain  !!..meski jarang),  kebaikan dan kemauan untuk menyerahkan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan,  kecuekan sebagian besar penumpang busway ketika ada ibu2 dengan anak2 kecil, orang tua yang tidak kebagian tempat duduk, dsb..dsb…..

Pokoknya lengkap semua kepribadian ada di Busway, bisa digunakan sebagai tempat untuk menganalisa perilaku manusia dalam segala kondisi.

Bagaimanapun, memang pihak pengelola transjakarta harus meningkatkan kualitas pelayanannya hingga kenyamanan penumpang bisa lebih ditingkatkan sehingga tujuan awal diadakannya busway memindahkan pengguna mobil pribadi ke busway untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta bisa tercapai.

Dan seharusnya para pejabatpun sekali-kali naik busway. Gak usah takut akan dikenali banyak orang dan ke-geeran akan kerepotan melayani permintaan tandatangan karena saya yakin tidak semua penduduk Jakarta mengenali wajah2 pejabat.  Asal kehadirannya tidak disertai para bodyguard yang terlalu mempertontonkan keangkerannya dan tidak disertai para ajudan/bawahan yang merunduk-runduk dan sibuk menyingkirkan orang-orang yang telah lebih dulu mengantri serta penampilan yang tidak mempetontonkan kalau beliau salah satu pejabat di pemda DKI. Aku yakin akan banyak aspirasi masyarakat yang bisa diraup.

Selamat ulang tahun busway, moga kehadiranmu membawa banyak manfaat untuk rakyat Jakarta dan semakin banyak masyarakat yang mau menikmati manfaatmu.

Komik Dr.Sakura

Anak pertamaku senang sekali membaca. Segala macam buku akan dibacanya. Dari buku pengetahuan umum, seri Alam sekitar, Biologi, majalah, sejarah sampai komik semua dibaca. Namun dari semua jenis buku itu yang paling digemarinya adalah seri pengetahuan tentang alam dan makhluk hidup serta KOMIK! dan karena kesukaannya akan komik itulah aku dan suami selektif dalam memilih jenis komik yang boleh dibacanya. Karena tidak semua komik untuk konsumsi anak2 kan????

Judul komik yang biasanya diambilnya ketika kami ke toko buku adalah Kungfu Boy, Petualangan Doraemon, Master Cooking dan Dragon Ball. Sebenarnya ada beberapa gambar dalam komik2 tersebut yang terkadang keterlaluan dalam mengekspose tubuh perempuan terutama dalam komik Dragon Ball namun karena jalan ceritanya masih cukup baik untuk anak2 aku masih memperbolehkannya apalagi dia selalu menunjukkan padaku setiap kali ada gambar yang katanya ‘aneh’ sehingga kami masih bisa mendiskusikannya.

Beberapa hari yang lalu ketika kami kembali ke toko buku untuk membeli komik, aku menemukan sebuah komik yang kuanggap sangat bagus bukan hanya untuk anak2 tapi juga untuk orang dewasa. Dr.  Sakura judulnya. Setelah membacanya aku merasa sungguh surpraise, bahkan anakku pun menyukainya dan berharap ada kelanjutan komik ini.

Komik Dr. Sakura menceritakan tentang perjuangan seorang dokter hewan  dalam merawat binatang2 yang dibawa ke kliniknya, entah itu binatang yang dibawa oleh sang pemilik atau binatang liar dan binatang terlantar (tak diinginkan lagi oleh pemiliknya).  Dokter Sakura memiliki seorang anak bernama Momo.  Pada komik jilid 1 diceritakan kalau Momo ini masih berusia 5 tahun (usia TK).

Banyak kisah mengharukan yang bisa mengajarkan kepada kita tentang arti menyayangi.  Tidak hanya pada binatang tetapi juga pada sesama. Karena, sesuai dengan prinsip yang dipegang Dr. Sakura, bahwa sebagai seorang dokter hewan dia tidak hanya merawat sang binatang tetapi juga merawat sang pemilik dalam artian merawat emosi sang pemilik.

Dalam komik ini juga banyak pengetahuan tentang penyakit2 yang biasanya menjangkiti binatang, tindakan pengobatan apa yang bisa dilakukan entah itu pengobatan ringan dalam arti cukup dengan obat minum sampai pada pengobatan berat (tindakan operasi). Kita juga akan diajak untuk menyelami apa yang dirasakan sang binatang, perilakunya sampai emosinya.

Sayang, kami baru mendapatkan 2 jilid komik ini, itupun dalam halaman terakhir jilid 2 diceritakan tentang keengganan penulisnya untuk meneruskan cerita Dr. Sakura. Bukan karena komik ini tidak laku dipasaran, bahkan kalau disimak dari ceritanya sepertinya komik ini laku keras karena sang penerbit yang sudah 2 kali berganti kepemimpinan menginginkan sang penulis untuk meneruskan komiknya, tapi keengganan itu muncul karena sang penulis merasa tidak cukup menguasai ilmu kedokteran hewan!

Aku tidak tahu apakah komik yang diterbitkan oleh Elex Media ini benar2 tidak berlanjut atau sebaliknya. Apapun…komik ini benar2 bagus, dan recommended untuk para orangtua yang anak2nya menyukai komik.

5 th untuk restrukturisasi Gaza

Setelah kesepakatan gencatan senjata, para ahli telah memperhitungkan segala kerusakan di jalur Gaza. Mereka bilang untuk mengembalikan Gaza seperti semula diperlukan 5 tahun, tentu dengan catatan bahwa israel tidak melakukan serangan lagi.  Sementara sekarang tak ada jaminan bahwa elit politik israel tak akan mengobarkan peperangan lagi.

5 tahun adalah perhitungan manusia, namun jika Allah menghendaki lain maka segalanya bisa menjadi lebih singkat atau bahkan mungkin bisa lebih panjang dari perkiraan itu. Kita, sebagai orang yang membenci segala perbuatan israel tentu berharap dan berdo’a bahwa Allah akan memberikan waktu yang lebih singkat dalam restrukturisasi Gaza hingga rakyat Gaza khususnya dan Palestina pada umumnya bisa segera menata kehidupan mereka.

Namun jika israel kembali melakukan kejahatan terhadap Gaza, semoga Allah memperkuat Hamas dan rakyat Gaza serta melemahkan israel selemah-lemahnya.

Dalam upaya restrukturisasi Gaza, banyak pihak menyatakan siap mambantu.  Saudi siap memberikan USD 1 miliar, Inggris akan membantu USD 175 juta, dan pasti masih banyak lagi negara yang bersedia menyediakan dana bantuan. Namun yang perlu dipertanyakan adalah apakah bantuan itu murni sebagai bantuan ataukah malah akan menjerat rakyat Gaza dalam hutang berkepanjangan seperti yang dialami oleh banyak negara?  Kalau dari negara2 Arab, bisa dipastikan benar2 untuk membantu rakyat Gaza tapi kalau dana dari negara2 Eropa apalagi dari lembaga2 keuangan internasional seperti World Bank?  hah…..semoga pemegang kekuasaan di Palestina benar2 cermat dalam memperhitungkannya.

Semoga Gaza (Palestina) benar2 bisa bebas dari penjajahan zionis israel.