1 Desember = Aids Day = Condom Day???

Bagi netters yang suka membuka situs Detik.com, terutama yang suka iseng nge-klik detikhot yg berisi gosip2 selebriti (kayak saya 😦 ) sejak tanggal 1 Desember 2008 hingga hari ini (3 Desember 2008) pasti melihat slot iklan di pojok kiri yang menampilkan sebaris kalimat yang pesan utamanya (secara terselubung) adalah ” Jangan lupa bawa kondom kemanapun anda pergi” dan “Freesex is Okay”

Kesimpulan itu saya ambil setelah selama 3 hari mengikuti iklan tersebut. Pada tanggal 1 Desember 2008, kalimat yang tertulis mempunyai pesan kalau kita harus selalu waspada akan bahaya Aids (saya lupa versi aslinya), tanggal 2 Desember 2008 kalimat yang tertulis “………………….by handing out a condom to the office” , dan hari ini (3 Desember 2008) kalimat yang tertulis adalah “Ladies night? Bring along some female condom for the gals!”

Untuk hari pertama, oke lah..saya setuju dengan pesan yang disampaikan iklan yang digawangi oleh Fiesta ini, karena menurut hasil penelitian Yayasan Aids Indonesia penderita aids di Indonesia telah mencapai sekitar 9.000 orang (yang ketahuan) dan yang terbanyak berada di Jakarta. Pesan dari Fiesta pada hari pertama membuat kita jadi waspada untuk selalu berhati-hati agar jangan sampai terkena virus yang belum ada obatnya ini. Namun untuk pesan pada hari kedua, ketiga (dan mungkin juga hari berikutnya) benar2 mengusik nurani saya sehingga membuat saya berkesimpulan bahwa melalui iklan itu kita diajak untuk memahami bahwa freesex is okay !! dan dalam menjalani pola kehidupan yang bebas itu agar jangan sampai kena aids ya …pakailah selalu kondom. Padahal jelas2 dikatakan, dalam ajaran agama manapun, bahwa sex bebas adalah zina.

Dalam hal memerangi HIV/Aids terdapat kecenderungan pola yang digunakan bukannya mengajak kembali kepada kehidupan yang dituntun oleh agama dengan menjalankan perilaku seks yang dilakukan dalam ikatan pernikahan yang sah namun malah menganjurkan untuk ber perilaku bebas dengan ‘pengamanan’ berupa kondom!. Padahal tak satupun statemen yang menyatakan bahwa kondom bisa 100% melindungi manusia dari virus HIV/Aids. Pasti kita semua sudah tahu betapa para ahli mengatakan bahwa virus HIV /Aids bisa menerobos pori-pori kondom.

Seharusnya, untuk memerangi penyebaran HIV/Aids digalakkan pengajaran bagaimana bahaya yang ditimbulkan akibat perilaku hidup bebas, bencana apa saja yang akan terjadi dan berapa besar biaya yang harus ditanggung bukan saja oleh sang pelaku namun juga oleh keluarga dan bahkan mungkin anak-cucunya.

Bagaimanapun juga, kita tidak boleh terus-terusan menjadi beo yang selalu mengikuti apapun yang di lakukan oleh negara-negara dibelahan barat bumi. Karena bagaimanapun, tidak semua yang mereka pahami dan doktrinkan adalah benar. Selalu ada agenda terselubung, entah untuk kepentingan politik atau kepentingan bisnis or gabungan dari dua kepentingan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s