an Introduction to The Miracle of Giving, Ust. Yusuf Mansur

Alhamdulillah, satu lagi buku yang dimudahkan Allah untuk kumiliki. Buku yang benar2 sarat dengan ilmu yang membuat pemahamanku tentang bagaimana beribadah menjadi semakin dalam.

Dalam buku ini, kembali ust. Yusuf Mansur membagi ilmu beliau tentang keutamaan bersedekah, bagaimana menyelaraskan antara ibadah, sedekah dan harapan akan terpenuhinya segala keinginan melalui do’a.

Buku ini terdiri dari beberapa judul dan masing2 judul dibagi lagi dalam beberapa sub judul. Dalam Judul an Introduction to The Miracle of Giving sub judul ‘Tulisan Ini Bukan Memaksa Anda Meminta Kepada Allah’ benar-benar membedah konsep bahwa jika seorang hamba beribadah kepada Allah harus ikhlas tanpa mengharapkan apa2 merupakan hal yang salah.  Karena pada dasarnya meminta/berharap sesuatu dengan mengerjakan suatu amalan baik itu wajib ataupun sunnah merupakan ibadah juga. Hal ini didasarkan pada Q.S Al-Baqarah:186 yang artinya:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat . Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Bukankah kita sering mendengar orang mengatakan ‘ kalo ibadah sih ibadah aja…jangan minta-minta sama Allah’ or ‘tahajjud tahajjud aja jangan tahajjud sebab pengen minta ini minta itu sama Allah’ or ‘sedekah sedekah aja. Masa sih sedekah karena pengen sesuatu. Salah tuh.’  Semua perkataan tersebut didasarkan pada kata IKHLAS. Padahal antara ibadah dan keinginan agar dikabulkan hajat kita itu sebenarnya tidak terpisahkan. Allah memberikan kita jalan/cara bagaimana caranya agar keinginan kita bisa tercapai salah satunya adalah dengan jalan ibadah tersebut disamping tentu saja ikhtiar. bukankah antara ibadah dan ikhtiar merupakan satu kesatuan?.

Kemudian pada judul Matematika Dasar Sedekah, pemahaman kita tentang bagaimana Allah membalas sedekah kita akan semakin dipertajam.  Jika dalam pelajaran matematika yang kita terima disekolah adalah

10-1=9 maka dalam matematika sedekah hitungannya menjadi 10-1=19

Mengapa begitu ?

Karena sesuai dengan Q.S Al-An’aam: 160 Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik :

Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)

Jadi, ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 di antara yang sepuluh itu, maka hasil akhirnya bukan 9, melainkan 19. Sebab yang satu kita keluarkan dikembalikan Allah sepuluh kali lipat.

Hasil akhir atau jumlah akhir bagi mereka yang mau bersedekah tentu akan lebih banyak lagi, tergantung kehendak Allah. Sebab Allah juga menjanjikan balasan berkali-kali lipat lebih dari sekedar sepuluh kali lipat. Dalam Q.S Al-Baqarah:261 Allah menjanjikan balasan 700 kali lipat :

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dan masih banyak lagi kelebihan dan keuntungan sedekah yang dijabarkan Ust. Yusuf Mansur dalam buku ini yang tak mungkin saya tuliskan semua. Saya benar-benar merekomendasikan buku ini untuk dimiliki oleh semua kaum muslimin.

Mudah-mudahan Allah senantiasa memudahkan kita untuk bersedekah, meringankan langkah untuk bersedekah, dan membuat balasan Allah tidak terhalang sebab dosa dan kesalahan kita. Amin. (Matematika Dasar Sedekah, hal.27)

Oh ya buku ini diterbitkan oleh penerbit Zikrul Hakim.

2 thoughts on “an Introduction to The Miracle of Giving, Ust. Yusuf Mansur

    • bersedekah tidak harus via atm..bisa langsung ke pihak yang berhak menerima sedekah or bisa juga ke yayasan/lembaga kemanusiaan yang credible. Pokoknya banyak jalan menuji Roma deh🙂
      Terima kasih sudah berkunjung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s