Renovasi Rumah

Sudah sejak hari minggu (27 Juli 2008) rumah kami mulai direnovasi. Kebutuhan akan adanya kamar untuk kakak benar2 menjadi alasan yang membuat kami memutuskan untuk renovasi rumah secara besar2an. memang sih..sudah sejak lama kami merencanakan untuk menambah kamar, tapi untuk besaran biayanya belum terbayang sebelumnya. Seperti renovasi rumah sebelumnya kami menggunakan tenaga tukang yang sama karena kepuasan kami pada caranya bekerja dan gagasan2 yang selalu dilontarkan ketika berdiskusi, baik tentang desain rumah (yang terkadang kami lupa mengukur luas bangunan sehingga seringkali rencana ruang yang akan dibangun melebihi luas bangunan), jenis material yang terbaik, toko bahan bangunan yang menjual dengan harga yang lebih murah dibanding toko lainnya bahkan toko bangunan yang pembayarannya bisa dilakukan satu minggu setelah barang diterima, dsb.
Untuk renovasi kali ini, sebenarnya kami merasa sedikit khawatir, mengingat dari sekian dana yang kami anggarkan hampir setengahnya (Rp. 40 juta) dialokasikan untuk biaya tukang sedangkan sisanya untuk bahan bangunannya padahal saat ini harga bahan bangunan sedang tinggi-tingginya. Kami hanya bisa berdoa semoga dana kami cukup sampai rrenovasi ini benar2 selesai.
Diperkirakan renovasi ini akan selesai dalam dua bulan (belum termasuk finishing) dan itu berarti kemungkinan di hari Idul Fitri nanti kami sekeluarga masih menempati rumah yang kami pinjam dari seorang teman. Sebenarnya ada satu hal lagi yang menjadi beban pikiran kami (terutama aku) yaitu tentang pembantu2 kami. Kami tidak tahu apakah setelah lebaran nanti mereka akan kembali atau tidak. Karena seperti yang sudah2, kembalinya para pembantu dari mudik lebaran benar2 tidak bisa diprediksikan. Sebenarnya aku ingin memberlakukan sistem kontrak seperti yang berlaku jika para pembantu itu bekerja di LN (sebagai TKW) sehingga ada kepastian baik bagi majikan maupun bagi pembantu itu sendiri. Cuma sayang, hal itu belum berlaku di Indonesia dan kalaupun nanti aku memberlakukannya…bagaimana dengan kepastikan hukumnya? apa perlu bikin surat bermaterai?……

2 thoughts on “Renovasi Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s