Sound System di Masjid

Kebetulan waktu berangkat ke kantor tadi ada seorang teman yang membicarakan tentang bagaimana meramaikan masjid yang ada di komplek perumahan kami. Masjid yang telah dibangun sejak sebelum kami sekeluarga pindah ke komplek ini dan hingga kini pembangunannya masih belum sempurna dalam artian 100% seperti yang tercantum dalam gambar design. Namun, meski baru mencapai 90% proses pembangunannya, masjid kami itu sudah bisa digunakan dengan sempurna dalam artian sempurna untuk tempat sholat, pengajian umum bahkan untuk acara seremonial semisal walimahan. Namun satu yang sangat disayangkan…seperti halnya kebanyakan yang dialami oleh beberapa masjid megah, sound system benar-benar tidak mendukung untuk ruangan yang sangat luas. Dari luar masjid, memang suara terdengar teramat jernih, membahana ke hampir seluruh penjuru komplek. Namun di dalam masjid sendiri, baik saat dilaksanakan sholat berjama’ah atau pengajian dimana para jamaah datang dengan tujuan untuk mendapat ilmu agama saat digelar pengajian rutin atau umum, suara yang disebarkan melalui sound system sama sekali tidak jelas terdengar. Yang tertangkap oleh telinga hanyalah bunyi dengungan (dari hadirin yang ngedumel karena kesal tak bisa menangkap ilmu yang tengah disampaikan atau juga obrolan ibu2 yang mungkin karena tidak bisa mendengarkan dengan jelas apa yang disampaikan penceramah jadi ngobrol sendiri) dan suara sang penceramah yang timbul tenggelam seperti terbawa angin. Sangat Menyebalkan.
Saya jadi punya usulan :
1. Mungkin sebaiknya para ustadz dan ustadzah yang akan memberikan ceramah/ tausiyah hendaknya meniru para penyanyi yang akan melakukan konser, dimana pada setiap sebelum dimulainya konser, para penyanyi melakukan tes atas sound system yang telah dipasang. Jika suara mereka tidak terdengar dengan jernih hingga ke ujung ruangan konser (indoor) atau ke ruang terjauh (outdoor) para penyanyi itu tidak mau menyanyi dan meminta ditata ulang system tata suaranya dan jika tidak dipenuhi mereka akan mogok nyanyi. Saya yakin, jika para ustadz or ustadzah mau melakukannya semua pesan dan ilmu yang mereka sampaikan akan didengar seluruh jamaah baik yang ada di dalam masjid maupun yang di luar masjid.
2. Para pendiri dan pengurus masjid harus menyediakan tata suara yang benar-benar bagus, kalau perlu mengundang ahli tata suara, untuk menarik jamaah datang kesetiap acara yang diselenggarakan di masjid.
Saya sering merenung (or melamun ?) tentang kalah bersaingnya para ustadz/ustadzah dengan para penyanyi mungkin salah satu faktor kekalahan itu adalah karena sound system ini. Wallahu a’lam bis showab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s