Lagi semangat usaha nih…

Beberapa hari belakangan ini, aku begitu semangat mencoba berjualan. Mulai dari kaos qirani, kerudung rabbani, baju batik, sampai kerudung buat anak kecil yang gak ada merk-nya. Dan dari pengalaman beberapa hari itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa ternyata berdagang itu bukan pekerjaan mudah. Diperlukan tenaga dan pikiran ekstra, mulai dari mencari pembeli, mencari supplier yang mau memberikan diskon (kalo gak gitu aku gak bisa dapet untung dong…wong aku jualannya sesuai harga bandrol) or kalo gak gitu ya… cari toko yang lagi ngasih diskon. Udah gitu belum lagi urusan ukuran yang gak sesuai dengan ukuran tubuh konsumen or warna yang gak sesuai, dan semuanya pingin bisa ditukar, padahal gak semua barang yang kujual bisa ditukar….yah..maklumlah pedagang kecil. Aku masih belum berani menjadi agen or sub agen dari suatu produk karena masih belum bisa memetakan kemauan konsumen dan pangsa pasarnya juga belum luas. Takutnya kalo nekat jadi agen/sub agen nanti malah gak jalan (pengecut yaaa…???) Tapi apa mau dikata, aku memang masih belum benar2 siap mental selain juga masalah waktu.
Dari pengalaman itu juga, aku jadi bisa mengerti mengapa Allah membukakan 9 pintu rizki dari 10 pintu rizki kepada pedagang. karena kalo jadi pedagang kita bisa menentukan berapa keuntungan yang akan kita ambil, namun tentu resiko yang harus ditanggung juga tidak sedikit. Kalo gak pintar mengatur strategi dan tidak pintar menawarkan dagangan bisa-bisa malah nombok.
Semoga Allah memberikan kekuatan agar aku tidak patah semangat. Amin.

Leave a Reply

