Tak Tahulah

Hari ini hujan turun dengan lebat di Jakarta, sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan hujan kali ini karena memang saat ini sedang musim hujan. Tapi hujan kali ini mengingatkan aku pada suatu percakapan antara kakak dengan ayah pada suatu malam tak lama setelah aku dan suamiku selesai sholat maghrib berjamaah. Seperti biasa selesai sholat ada kebiasaan (ritual??) yang dilakukan aku dan suamiku yaitu aku mencium tangan beliau dan selanjutnya beliau akan mencium pipiku kiri kanan dan dahi dan saat itu kakak melihat ritual itu sambil terkikik malu-malu lalu tiba2 meluncur celetukan dari mulut mungilnya “hii..ayah cinta ya sama ibu yaa?!” dan seperti biasa pula dan tepat seperti yang telah kuduga (karena emang sudah biasa) beliau menjawab “tahu ya..” dengan sikap yang (sebenarnya) tak kutahu apa maknanya. kalau biasanya aku tak ambil pusing dengan jawaban beliau itu tapi saat itu aku benar2 peduli dengan jawaban itu. Ada rasa yang sedikit ..(apa ya..rasanya terlalu susah untuk diterjemahkan kedalam bahasa) yang membuatku benar2 ingin tahu apa yang sebenarnya beliau rasakan tentang ‘cinta’ itu. Kalau dulu setiap kali kami ngobrol dan terlontar pertanyaan apakah beliau cinta atau tidak padaku pasti jawabannya ” cinta itu apa sih?” dilanjutkan dengan “kalau sayang sih iya, tapi kalau cinta, tak tahulah, wong cinta itu apa juga aku gak ngerti” begitu selalu jawaban beliau dan aku selalu mencoba untuk memahaminya. Aku merasa tak perlu aku mengejar beliau dengan pertanyaan itu, karena kupikir toh kami menikah juga tanpa melalui pacaran jadi kupikir wajar aja kalau jawabannya begitu. Tapi kini, setelah hampir 7 tahun menikah, masih jugakah beliau belum mengerti apa itu cinta? senaif itukah beliau sebagai manusia hingga tidak bisa mengartikan perasaan yang ada dalam hatinya sendiri untuk orang yang telah sekian lama mendampingi hidupnya? ataukah memang tidak ada rasa itu dalam hatinya untukku? ataukah memang cinta itu telah beliau berikan kepada yang lain? atau memang aku belum pantas mendapatkannya? pffyuuuuh…..tak tahulah aku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s