Emang Brownies !!!

Hari rabu kemarin, 13 Juni 2007, aku gak ngantor, bukan karena malas😦 or apa , but karena si kakak lagi kumat asma-nya. sebenarnya udah batuk-batuk dari hari minggu tapi karena aku ngerasa udah bawa dia ke dokter ya udah hari selasa aku ngantor eh ternyata malam harinya, oh God! dia bener2 ngik-ngik dan gak bisa tidur nyenyak hingga aku pun jadi gak bisa tidur dan malah beres2 rumah pada jam 2 malam…

so..kuputuskan untuk tidak ngantor pada hari rabu demi untuk ngejaga si kakak…tapi ya itulah kalo mbok-mbok kayak aku dirumah tetep aja gak bisa diem, kerjabakti pun digelar… semua gordyn yang udah hampir 3 bulan nggantung langsung diturunin, ganti dengan yang bersih.. tumpukan buku yang udah gak beraturan tumpukannya dirapikan sekaligus dilap debunya…..nah kebetulan gordyn yang satunya masih belum pake gretekan (apa sich nama kerennya?) langsung kubawa ke tukang jahit..eh..tukang jahitnya nolak masangin dengan alasan gak ada waktu..waks! ya udah akhirnya aku sendiri yang masangin, jahit..jahit..ayo jahit…gak kerasa udah sore…wah terpaksa harus berhenti, ganti tugas memandikan si adek…yap..udah rapi ganti deh aku mandi…byur..byur..byur..mandi bebek aja lah. Abis mandi udah seger..eh..niatnya sih mau ngelanjutin jahit lagi..tapi kok ya males bener..eh..keinget bubuk coklat sisa bikin brokus minggu kemarin..jadi muncul ide buat bikin brownies panggang…sebenarnya udah sering bikin brownies sih tapi emang ini kue enak banget apalagi resepnya udah jadul banget sejak masih tinggal di Bandung dulu…(tahun 1999 kalo gak salah) warisan dari Ibu Apon Syaproni (punteun pisan kalo salah ejaannya🙂 ) tapi rasanya gak kalah sama resep yang ada di pennylane kitchen,  gak percaya? sok deh dipraktekkan. ini nih..resepnya :

BROWNIES ALA BU APON SYAPRONI

  1. 4 butir telur (pilih yang besar2 )
  2. 2 cangkir gula pasir
  3. 1  3/4 cangkir terigu
  4. 3/4 cangkir bubuk coklat van houten (gak maksud promo lho!)
  5. 1 cangkir minyak goreng
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt vanilli

cara membuat : kocok telur sampai mengembang masukkan gula sedikit demi sedikit (kalo gak sabaran boleh langsung dikocok bareng sampai putih banget) lalu masukkan campuran tepung terigu, coklat bubuk, garam dan vanilli, aduk rata (jangan dikocok !) lalu masukkan minyak goreng, aduk lagi sampai benar2 rata. panaskan oven dengan suhu 155 derajat celcius selama 10 menit, alasi loyang dengan kertas roti yang telah dioles mentega or margarine. tuang adonan brownies masukkan kedalam oven, kecilkan suhunya menjadi 145 derajat celcius. panggang sampai matang ( kira-kira 40 menit)..nah jadi deh si brownies..kalo mau lebih sip tuangkan lelehan campuran dark cooking coklat dan susu kental manis …kalo udah dingin simpan dulu di kulkas….ditanggung uenaakkkk tenannnn….mau lebih seger? campur aja dengan cincangan strawberry diatas lelehan coklat..asem-asem seger deh pokoknya!

jadi ilang deh malesnya …ayo semangat njahit lagi……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s