Emang Brownies !!!

Hari rabu kemarin, 13 Juni 2007, aku gak ngantor, bukan karena malas ūüė¶ or apa , but karena si kakak lagi kumat asma-nya. sebenarnya udah batuk-batuk dari hari minggu tapi karena aku ngerasa udah bawa dia ke dokter ya udah hari selasa aku ngantor eh ternyata malam harinya, oh God! dia bener2 ngik-ngik dan gak bisa tidur nyenyak hingga aku pun jadi gak bisa tidur dan malah beres2 rumah pada jam 2 malam…

so..kuputuskan untuk tidak ngantor pada hari rabu demi untuk ngejaga si kakak…tapi ya itulah kalo mbok-mbok kayak aku dirumah tetep aja gak bisa diem, kerjabakti pun digelar… semua gordyn yang udah hampir 3 bulan nggantung langsung diturunin, ganti dengan yang bersih.. tumpukan buku yang udah gak beraturan tumpukannya dirapikan sekaligus dilap debunya…..nah kebetulan gordyn yang satunya masih belum pake gretekan (apa sich nama kerennya?) langsung kubawa ke tukang jahit..eh..tukang jahitnya nolak masangin dengan alasan gak ada waktu..waks! ya udah akhirnya aku sendiri yang masangin, jahit..jahit..ayo jahit…gak kerasa udah sore…wah terpaksa harus berhenti, ganti tugas memandikan si adek…yap..udah rapi ganti deh aku mandi…byur..byur..byur..mandi bebek aja lah. Abis mandi udah seger..eh..niatnya sih mau ngelanjutin jahit lagi..tapi kok ya males bener..eh..keinget bubuk coklat sisa bikin brokus minggu kemarin..jadi muncul ide buat bikin brownies panggang…sebenarnya udah sering bikin brownies sih tapi emang ini kue enak banget apalagi resepnya udah jadul banget sejak masih tinggal di Bandung dulu…(tahun 1999 kalo gak salah) warisan dari Ibu Apon Syaproni (punteun pisan kalo salah ejaannya ūüôā ) tapi rasanya gak kalah sama resep yang ada di pennylane kitchen,¬† gak percaya? sok deh dipraktekkan. ini nih..resepnya :

BROWNIES ALA BU APON SYAPRONI

  1. 4 butir telur (pilih yang besar2 )
  2. 2 cangkir gula pasir
  3. 1  3/4 cangkir terigu
  4. 3/4 cangkir bubuk coklat van houten (gak maksud promo lho!)
  5. 1 cangkir minyak goreng
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt vanilli

cara membuat : kocok telur sampai mengembang masukkan gula sedikit demi sedikit (kalo gak sabaran boleh langsung dikocok bareng sampai putih banget) lalu masukkan campuran tepung terigu, coklat bubuk, garam dan vanilli, aduk rata (jangan dikocok !) lalu masukkan minyak goreng, aduk lagi sampai benar2 rata. panaskan oven dengan suhu 155 derajat celcius selama 10 menit, alasi loyang dengan kertas roti yang telah dioles mentega or margarine. tuang adonan brownies masukkan kedalam oven, kecilkan suhunya menjadi 145 derajat celcius. panggang sampai matang ( kira-kira 40 menit)..nah jadi deh si brownies..kalo mau lebih sip tuangkan lelehan campuran dark cooking coklat dan susu kental manis …kalo udah dingin simpan dulu di kulkas….ditanggung uenaakkkk tenannnn….mau lebih seger? campur aja dengan cincangan strawberry diatas lelehan coklat..asem-asem seger deh pokoknya!

jadi ilang deh malesnya …ayo semangat njahit lagi……..

Advertisements

Khutbah Rasulullah SAW dalam memuliakan Ramadlan

Emang Ramadlan masih jauh, tapi gue ngerasa ada beberapa isi dari khutbah ini yang tak hanya berlaku untuk ramadlan saja tapi untuk sepanjang tahun, gak percaya? baca aja deh…

Wahai manusia!

Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmah dan maghfirah.

Bulan yang paling mulia di sisi Allah.

Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama.

Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama.

Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allahdan dimuliakan oleh-Nya. dibulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu, ibadahmu, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah.

Bermohonlah kepada Allah, Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca kitab-Nya . Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah dibulan yang agung ini.

Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. muliakanlah orangtuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya.

Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu sholatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza Wajalla memandang hamba-hambaNya dengan penuh kasih.

Dia menjawab mereka ketika mereka menyeruNya, menyambut mereka ketika mereka memanggilNya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepadaNya.

Wahai manusia!

Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa) mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.

Ketahuilah! Allah Ta’ala bersumpah dengan segala kebesaranNya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabbul ‘Alamin.

Wahai manusia! Barangsiapa diantaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa dibulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu.

Sahabat-sahabat yang lain bertanya: “Ya Rasulullah, tidaklah kami semua mampu berbuat demikian.” Rasulullah meneruskan: “Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma. jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air.”

Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya dibulan ini ia akan berhasil melewati sirathal mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) dibulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaanNya di hari kiamat.

Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturrahim) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunnah di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardlu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardlu di bulan lain.

barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini¬†membaca satu ayat Al-Qur’an, ganjarannya sama seperti menghatam Al-Qur’an pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia, Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabb-mu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu.

Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi¬†pernah menguasaimu. Amirul¬†Mukminin berkata : “aku berdiri dan berkata: ‘ Ya Rasulullah! apa amal yang paling utama di bulan ini?’ jawab Nabi :’ Ya Abal Hasan! amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah!’

“Sesungguhnya Allah telah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu, agar kamu dapat mengambil pelajaran” (QS. An-Nahl :90)¬†¬†¬†